Pucuk Merah (Syzygium oleana)

Tanaman Pucuk Merah
Pucuk merah (Syzygium oleana) adalah sejenis tanaman perdu yang tak sepopuler anthurium atau sejenisnya. Bentuk daunnya pun tidak sevariatif tanaman hias populer tadi. Warnanya hijau muda, bentuknya kecil agak memanjang, dengan batang yang kecil, bentuknya hampir sama seperti tanaman perdu pada umumnya, namun saat ini sudah menjadi trend tanaman hias.
Keistimewaan dari tanaman ini adalah ujung daun mudanya yang berwarna oranye dan merah. Tak heran bila tanaman ini lalu dikenal dengan nama pucuk merah. Tajuk tanaman muda yang baru tumbuh akan menyembul indah di sela-sela daun yang menghijau. Seperti layaknya bunga di antara dedaunan. Ternyata, tanaman berdaun unik ini masih termasuk ke dalam family yang sama dengan tanaman cengkih. Bila diperhatikan, bentuk tajuk dan daunnya pun sangat menyerupai tanaman cengkih.

Pembibitan

Pembibitan bunga pucuk merah bisa dilakukan dengan stek batang. Caranya terlebih dahulu cari batang bagian tengah, pilih yang cukup umur dan lurus agar pohon utama terlihat bagus. Potong miring untuk bagian yyang akan ditancapkan. Usahakan mengambil yang berdaun lebat dan dipotong minimal 30 dari pucuk. Kurangi daunnya agar tidak terjadi pengapan berlebihan.

Penanaman

Pertama-tama pastikan media tanam sudah diolah dengan baik. Caranya tanah dan pupuk kandang/kompos (1:1) dicampur dan diaduk merata. Kemudian tancapkan bibit tadi sedalam 20-25 cm lalu padatkan agar bibit bisa tumbuh kuat. Berikan air untuk penyiraman pada awal pertumbuhan setiap hari minimal sekali sehari.

Perawatan

Perawatan dilakukan sebatas penyiraman seperlunya saja bila tanaman sudah tumbuh dengan baik. Selebihnya hanya perlu pemangkasan bila ingin dibentuk sesuai keinginan. Kemudian pemupukan untuk memberikan nutrisis bisa diberikan setiap sebulan sekali, terutama pupuk untuk pucuk daun.

No comments

Post a Comment

Home