Bougenville (Bougainvillea)

Bougenville (Bougainvillea)
Bunga Bougenville memiliki nama ilmiah Bougainvillea, terutama B. glabra, yang mana salah satu tanaman hias yang paling diminati. Bunga ini bentuknya kecil dan sukar tumbuh tega. Keindahanya terpancar dari bunganya yang berwarna cerah dan juga menarik perhatian mata yang melihatnya.

Tanaman bunga kertas atau Bunga Bougainvillea ini memiliki sisi tanaman yang berwarna-warni. Oleh karenanya, tanaman bougainvillea jadi tanaman hias yang sangatlah popular lantaran kecantikkan warnanya serta langkah merawatnya yang gampang.

Bunga Bougenville ini asalnya dari Amerika Selatan, tanaman ini kerap ditanam di taman serta lokasi perumahan. Pada saat tanaman ini berbunga, tanaman ini memiliki rutinitas merontokkan sebagian daunnya. Memiliki bentuk yaitu pohon kecil yang sulit tumbuh tegak. (Seludang bunga (atau spatha) adalah daun pelindung, yang kerapkali memiliki ukuran besar, yang menyelubungi semua bunga majemuk saat belum mekar. Seludang bunga bisa didapati pada susunan generatif (” bunga “) tumbuhan anggota suku aren-arenan (Arecaceae serta suku talas-talasan (Araceae). Seludang bunga sesungguhnya adalah satu bentuk spesial dari daun pelindung (bractea)).

Bougainvillea dimaksud tanaman bunga kertas lantaran bentuk seludang bunganya yang tidak tebal serta memiliki ciri – ciri seperti kertas. Nama Inggris bunga ini yaitu Bougainvillea yang di ambil dari nama Sir Louis Antoine de Bougainville, seseorang prajurit AL Perancis. Pada type pokok bunga kertas tersohor adalah Bougainvillea ‘Elizabeth Angus’ ; Bougainvillea ‘Red’ ; Bougainvillea Pultonii ; Bougainvillea ‘Easter Parade’ serta Bougainvillea ‘Lady Mary Baring’.

Bunga Bougenville Cocok ditanam di daerah Tropis
Perawatannya juga gampang, tak membutuhkan saat yang lama lantaran spesies tumbuhan ini sangat cocok ditanam di lokasi beriklim tropis serta khatulistiwa seperti negara kita serta dapat tumbuh sampai 10 mtr. tingginya. Batang tanaman bunga ini agak keras, memiliki duri yang tajam serta bercabang-cabang. Perkembang biakannya juga cuma membutuhkan keratan batang yang disemai didalam bungkus plastik maupun pot lewat cara gampang. Diluar itu, tanaman ini dapat memiliki sulur yang rapat, daun yang lebar serta berupa bujur tirus yang dapat membuat rimbunan pokok di lokasi halaman rumah atau sebagai tumbuhan pagar di lokasi yang menarik.

Meskipun tanaman ini memiliki ukuran kecil serta berupa corong, tetapi mempunyai banyak faedah. Misalnya saja untuk dandanan rambut, kombinasi bunga untuk mandian pewangi, serta juga sebagai manfaat di upacara pemakaman untuk golongan Cina serta India.

Tarikan menakjubkan bunga ini jadi pembicaraan masyarakat di negara kita lantaran terkesan karena memiliki bentuk serta warnanya yang menarik hati. Warna bunga ini terbagi dalam beragam jenis warna, seperti jingga, merah menyala, merah jambu, merah pucat, kuning, ungu, putih, serta beragam kombinasi warna.

Sedikit perawatan ringkas, penyiraman air serta pemupukan yang sempurna dapat kembalikan kesegaran tanaman bunga kertas ini dalam periode waktu kurang dua minggu. Apabila mau tanaman bunga kertas ini berbunga selanjutnya, kita cuma butuh kurangi pemberian air serta pupuk lalu letakkan pot tanaman ditempat yang terserang cahaya matahari.


Klasifikasi ilmiah Bunga Bougenville

Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Caryophyllales
Famili: Nyctaginaceae
Genus: Bougainvillea
Spesies
Bougainvillea buttiana
Bougainvillea glabra
Bougainvillea peruviana
Bougainvillea spectabilis
Bougainvillea spinosa

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Bougenville

No comments

Post a Comment

Home